Monday, November 7, 2016

KESEHATAN



Seperti halnya kondisi pendidikan, kondisi kesehatan warga Desa Wongsorejo sampai dengan hari ini juga masih sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah rumah tidak sehat yang ada di Desa Wongsorejo, sesuai dengan data yang ada mencapai 0.91 persen (342 rumah dari 3684 rumah yang ada di Desa Wongsorejo). Demikian pula dalam pemenuhan air bersih dan kesadaran warga untuk memiliki jamban keluarga, masih banyak warga Desa Wongsorejo yang belum memiliki prasarana air bersih ( mengingat wilayah Desa Wongsorejo belum dialiri oleh air perpipaan/ PAM maka sumber air bersih utama warga berasal dari sumur gali ) dan jamban keluarga.
Sesuai dengan data yang ada, dari 2010 rumah yang ada di Desa Wongsorejo, yang sudah memiliki prasarana air bersih berupa sumur gali, PAM dll sebanyak : 1.866 rumah ( 0.49% ), sedangkan rumah yang sudah memiliki jamban keluarga sebanyak : 1.465 rumah ( 0,39 % )
Banyaknya jumlah rumah tidak sehat dan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan lingkungan di Desa Wongsorejo pada umumnya disebabkan karena faktor ekonomi serta latar belakang pendidikan masyarakat, di samping itu pula faktor kebiasaan juga merupakan hal yang sulit dihilangkan dalam kehidupan masyarakat desa. Sebagai contoh adalah pada umumnya warga desa masih terbiasa menggunakan sungai sebagai sarana MCK meskipun di rumah sudah tersedia prasarana air bersih ataupun jamban/ WC .
Berikut data kondisi kesehatan warga di Desa Wongsorejo sesuai dengan hasil pendataan pada tahun 2010 :
Tabel 3
Kondisi Kesehatan
Desa Wongsorejo Kecamatan Wongsorejo Tahun 2010
No
Uraian
Total
A. Pemenuhan Air Bersih


Jumlah KK yg memiliki sumur gali
1866 KK

Jumlah KK yg memiliki sumur pompa
         249 KK

Jumlah KK yg dialiri air perpipaan
986 KK
B. Kondisi Perumahan


Jumlah rumah sehat
2487 Rmh

Jumlah rumah tidak sehat
1197 Rmh
C. Kesehatan Lingkungan


Jumlah rumah yang memiliki jamban
2487 Rmh

Jumlah rumah yang tidak memiliki jamban
1197 Rmh

Jumlah rumah yang memiliki SPAL
147 Rmh
Sumber Data : Kantor Desa Wongsorejo

0 comments:

Post a Comment